Cari Blog Ini

Jumat, 13 Juli 2012

Bedah Film HIMA PBSI

        Pagi itu, Selasa tanggal 24 April 2012 HIMA PBSI menyelenggarakan acara bedah film bagi mahasiswa PBSI dan umum. Acara yang termasuk dalam serangkaian titik awal ini dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh kepala jurusan PBSI. Tema yang diangkat adalah Kebangkitan Nasional, menyambut hari Kebangkitan Nasional pada bulan Mei mendatang. Film yang diputar pun masih berkaitan dengan peristiwa kebangkitan bangsa, yaitu “Kutunggu di Sudut Semanggi”.

       Kutunggu di Sudut Semanggi merupakan film garapan sutradara Lukmantoro yang merupakan perpaduan kisah nyata peristiwa Semanggi dan mahasiswa trisakti. Film ini diperankan oleh sederet bintang Indonesia diantaranya adalah Tengku Firmansyah, Dede Yusuf, dan marisa Tompunu. Acara yang dilaksanakan di PLA lantai tiga ini dimulai dengan menonton film bersama setelah itu diadakan pembahasan. Pemateri yang telah hadir dalam bedah film ini adalah bapak Suroso dan Eko Triyono. Keduanya merupakan narasumber berkaitan dengan pembahasan film yang cukup menarik ini. Dibahas pula mengenai kelebihan dan kekurangan film dilihat dari segi cerita, ide, maupun sinematografi.

       Setelah acara pembahasan film selesai, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta bedah film yang dimoderatori oleh saudara Rony Kurniawan. Acara bedah film yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini selalu mendapatkan respon positif dari peserta. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengikuti bedah film ini. Terlebih bedah film ini juga dijadikan salah satu tugas mata kuliah menyimak komprehensif dan kreatif pada kelas tertentu. Beberapa respon positif ini dapat menjadi referensi terkait pentingnya penyelenggaraan bedah film di tahun mendatang yang melatih kepekaan, daya simak dan sikap apresiatif terhadap karya anak bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar